Saturday, September 13, 2014

Drama Natal Terbaru 2014 “Hormatilah Orang Tuamu”



TEKS DRAMA NATAL TERBARU 2014, DRAMA NATAL PEMUDA REMAJA KRISTEN 2014

Shalom teman-teman, akhirnya bisa posting lagi karya sederhana teks drama Natal 2014, semoga berkenan memberi komentar yang membangun ya :) maaf kalau judulnya ga pas sama ceritanya, agak bingung cari judul sih :D

Untuk teks asli dalam format word bisa via email : monaa_onaa@yahoo.com , dan untuk pertanyaan atau komentar bisa langsung coret-coret dibawah atau via email monaa_onaa@yahoo.com, fb : https://www.facebook.com/monalisa.silaen, twitter https://twitter.com/mona_onna . terimakasih Tuhan memberkati :)

Narator:  Disebuah kabupaten tinggal sebuah keluarga yang kaya raya, mereka memiliki seorang putri dan seorang putra yang memiliki hobi balapan.
Pada suatu hari . . . .

*Di sebuah taman Daniel duduk menyendiri sambil memainkan gadget, kemudian datang ke-2 temannya*
Matius  :  “Woy bro, ngapain lo disini ?”
Daniel   :  “Nunggu cewe gue, kalian dari mana ?”
Yoel       :  “Kita abis footsal nih, eh gue baru inget, nih tadi gue dapet brosur ini dari temen gue”
     (nyodorin brosur)
Daniel   :  “Apaan ini bro ?”
Yoel       :  “Itu katanya mau ada balapan motor di  pertengahan desember ini”
Daniel   :  “Wah gue harus ikut nih”
Matius  :  “Yoi bro haruslah, jangan kalah sama Leo, soalnya gue denger dia udah daftar”
*muncul Maria*
Maria    :  “Abang, maaf ya aku lama... Eh ada kalian juga”
Daniel   :  “Lo lama banget sih, lo tau ga gue disini nunggu lo lama banget”
Maria    :  “Maaf, tadi di jalannya macet bang”
Daniel   :  “Hah macet ? sejak kapan kota kecil gini macet ? Lo bohong kan sama gue ?” (nada marah)
Matius  :  “Bro bro, slow dong, kasian cewe lo, baru dateng udah lo bentak-bentak”
Yoel       :  “Yoi, kasian tuh liat mukanya, lama-lama lo bisa ditinggalin dia bro”
Daniel   :  “Haha ditinggalin ? mana mungkin, rugi dia ninggalin gue, siapa coba yang mau ninggalin
     cowo ganteng kaya gue ? Iya kan penonton ?”
Matius  :  “Okelah, kita balik ya, lanjut aja acara kalian”
Yoel       :  “Maria, kita duluan ya”
Maria    :  “Oh iya, hati-hati ya”
*Matius dan Yoel meninggalkan panggung*
Maria    :  “Itu brosur apaan bang ?”
Daniel   :  “Baca aja sendiri” (nada jutek)
Maria    :  “Ooh balapan, abang mau ikutan ?”
Daniel   :  “Iyalah, masa gue ga ikut”
Maria    :  “Tapi bang, ini acaranya seminggu sebelum Natal, abang pasti ga di ijinin”
Daniel   :  “Apaan sih lo, apa hubungannya balap sama natal ? balap itu lebih utama, lagian kan ga pas
    natal ini ko balapannya”
Maria    :  “Tapi bang”
Daniel   :  “Aah udahlah ga usah bawel”
*muncul Leo, Juna dan Riko*
Juna       :  “Wah wah, liat bro, pasangan yang katanya paling akur eh lagi berantem nih kayanya” (nada
     gagap)
Riko      :  “Haha ini sih namanya bukan akur”
Leo        :  “Maria, dari pada lo terus dibentak-bentak dia mending lo sama gue”
Daniel   :  “Eh ngapain lo godain cewe gue ?”
Leo        :  “Bro, gue ingetin ya sama lo, cewe tuh diciptakan untuk dicintai, diperlakukan dengan baik
     dan lembut, lah lo malah bentak-bentak cewe lo”
Maria    :  “Udah-udah bang, ga usah di tanggepin”
Daniel   :  “Kenapa ? Seneng lo di godain ?”
Maria    :  “Bukan gitu bang”
Juna       :  “Kan kan, udah Maria mendingan lo pacaran sama gue aja” (nada gagap)
Daniel   :  “Eh gagap, diam ya lo”
Leo        :  “Eh Daniel, lebih baik dia, walau gagap dia bicara baik-baik, dari pada lo, bisa ngomong
     lancar tapi malah lo pake buat marah-marah, bentak-bentak cewe pula”
Riko      :  “Udah-udah kayanya gilanya kambuh deh, mending balik yu, dari pada menular nanti haha”
*Leo, Juna, dan Riko meninggalkan panggung*
Daniel   :  “Ini semua gara-gara lo, gue mau balik, lo balik sendiri” (Daniel meninggalkan panggung)
Maria    :  “Salah lagi salah lagi, penonton ? kenapa sih perempuan itu selalu disalahkan ?” (muka
     manyun)
*muncul Lea dan Ester*
Lea         :  “Maria, ngapain kamu sendirian disini ? ko muka kamu sedih ?”
Ester     :  “Pasti abis berantem lagi ya ?”
Maria    :  “Iya, aku bingung, dikit-dikit selalu aku yang disalahin, di bentak-bentaklah, siapa coba yang
     ga sedih, hal kecil sering banget dibesar-besarkan, aku cape kalau terus kaya gini, orang lain
     pacaran ko ga sesusah aku”
Lea         :  “Emang sih, ya dimana-dimana kita itu mencari orang yang bisa menghargai kita, bukan
     malah sebaliknya”
Maria    :  “Aku pengen putus, tapi gimana caranya, aku takut”
Ester     :  “Ya udah, kamu bilang lewat telpon aja, ya apapun resikonya kamu harus siap”
Maria    :  “Iya nanti aku coba deh”
Ester     :  “Ya udah balik yu, udah sore juga nih”
*Maria, Lea dan Ester meninggalkan panggung”

*suasana di rumah* (kaka sedang duduk sambil membaca majalah)
Daniel   :  “Woyy ka”
Kaka      :  “Hhmm”
Daniel   :  “Ka ! Denger ga sih lo ?”
Kaka      :  “Iya kaka denger dede, kenapa sih baru dateng udah marah-marah ?”
Daniel   :  “Papa sama mama mana ?”
Kaka      :  “Ada di kamar kayanya”
Daniel   :  “Pa, Ma” (teriak memanggil)
Mama   :  “Kenapa sih de, suaranya pelanin dikit kek, papamu lagi tidur, nanti kebangun kena marah
     lho”
Daniel   :  “Ma, bulan ini aku mau ikut balapan motor, tapi motor aku kurang bagus buat balapan, aku
     minta motor balap yang baru, biar aku bisa menang” (nada merayu)
Mama   :  “Nak, bulan ini kan mendekati natal, jangankan untuk motor balap, untuk balapannya aja
     mama ga ijinin kamu buat ikut”
Daniel   :  “Apa ? ga bisa gitu dong ma, pokoknya aku harus ikut, musuh bubuyutan aku ikut ma, apa
     kata mereka kalau aku ga ikut ?” (nada emosi)
Papa      :  “Dede, mama, kenapa sih ribut-ribut ? papa lagi enak tidur malah ribut” (datang dengan
     busana tidur *kaos+sarung*)
Mama   :  “Tuh de bilang langsung sama papa kalau berani”
Daniel   :  “Pah, aku minta motor balap yang baru dong”
Papa      :  “Ini bulan apa ? Desember kan ? Desember tuh banyak pengeluaran papa, udah pake motor
     yang ada aja, kalau ga pinjem motor pa’satpam tuh yang honda 700, lagian ganti motor buat
     apa coba ?”
Daniel   :  “Pah, aku serius, pokoknya ku minta motor balap buat balapan bulan ini, aku ga mau tau
     pokoknya harus !”(nada keras+bentak)
Papa      :  “Lah lah kenapa jadi kamu yang bentak papa ? Pokoknya papa bilang ngga ya ngga, lagian
     bulan ini Natal, orang lain sibuk persiapan natal lah kamu malah mau balapan”
Daniel   :  “Papah pelit, papah egois, papah pelit !!” (nada marah)
PP          :  “Diam kamu !! Ini yang kamu pelajari di sekolah ? ini yang kamu pelajari dipergaulanmu ?
     semakin besar bukannya semakin dewasa, malah semakin berani kamu bentak orang tua”
Mama   :  “Pah udah-udah pah, dia lagi emosi, papah jangan ikut emosi. Nak, udah ya sayang mending
     kamu istirahat ya”
PP          :  “Ma, bikin makanan buat papa, gara-gara anak satu ini saya jadi lapar”
*Papa dan mama meninggalkan panggung*
Daniel   :  “Kalau aku yang minta selalu ga dikabulin, bagian kaka, anak kesayangan selalu dikabulin”
     (teriak ke arah papa+mama)
Kaka      :  “Lah ko jadi bawa-bawa kaka ? Kamu harusnya intropeksi diri de, ini mau natal, masa kamu
     mentingin balapan. Semakin hari kamu semakin aneh tau ga, bicaranya dikit-dikit marah,
     pergi pagi pulang malam”
Daniel   :  “Cuma balapan, yaelaa ka balapan kecil, ga akan sampai bikin celaka ko, parno banget sih”
Kaka      :  “De, ga ada yang tau kamu bakalan celaka atau ngga, kamu tau setiap hari kamu pulang
     malam, papa sama mama tuh khawatir sama kamu, tapi sikapmu gimana ? ditelpon malah
     ga mau jawab, kenapa ? malu ? takut dibilang anak mami ? iya ?”
Daniel   :  “Yaiyalah itu kaka tau”
Kaka      :  “De, kamu mikir dong, papa sama mama tuh sayang sama kamu, kangen sama kamu yang
     dulu, bukan yang sekarang, pulang-pulang langsung masuk kamar, maenan gadget, cuek pas
     disapa, inget de, ini rumah bukan kost-kostan yang cuma buat tidur dan mandi, di dalam
     rumah ini ada orang-orang yang sayang sama kamu”
Daniel   :  “Aah apaan sih, bodo amat, yang penting gue tetep mau balapan, gimanapun caranya gue
     harus ikut !” (pergi meninggalkan panggung)
Kaka      :  “De, de, tunggu, eh mau kemana” (menyusul keluar panggung)

Narator:  “Inilah gambaran kehidupan remaja saat ini, mereka terlalu sibuk dengan kegiatan diluar rumah, bahkan waktu untuk sekedar berkumpul dengan keluargapun sulit dilakukan. Kita mulai sibuk dengan kegiatan masing-masing, sibuk dengan gadget masing-masing, hingga akhirnya kita melupakan kebersamaan yang sesungguhnya. Pergaulan yang buruk dapat merusak kebiasaan yang baik, bahkan membuat kita tidak menghormati orang tua kita”

Narator:  “Waktu balapan pun tiba, orang tua Daniel pergi meninjau tempat kerja mereka, sedangkan
     Daniel diam-diam mengikuti balapan motor tersebut.
     Eeh eh penonton, apa yang terjadi ?”

*TU tergeletak ditengah panggung dikelilingi teman-temannya*
Matius  :  “Bro, lo udah telpon keluarganya belum ?
Yoel       :  “Udah, tadi gue udah telpon kakaknya”
*Papa+Mama bejalan dibawah panggung, melihat ke arah panggung seolah jarak tak jelas*
Mama   :  “Pah, itu ada apa ya rame-rame ? ko perasaan mama ga enak ya”
Papa      :  “Ooh itu tempat balapan ma, sering disini ada acara itu”
Mama   :  “Ooh gitu” (HP berdering) “Bentar pah, ada telpon. Halo ka, ada apa ?”
Kaka      :  “Ma, mama, dede ma” (nada nangis)
Mama   :  “Dede kenapa ka ? kaka kok nangis ?” (panik)
Papa      :  “Kenapa ma ?” (tanpa suara, hanya ekspresi)
Kaka      :  “Dede barusan kecelakaan dibalapan ma”
Mama   :  “Apa ? Dede kecelakaan ? Dede sekarang dimana ka ?
Kaka      :  “Dede masih ditempat balapan ma, tempatnya ga jauh dari kantor papa, mama cepetan
     kesana”
Mama   :  “Iya iya ka” (matikan telepon)
Papa      :  “Dede kecelakaan dimana ma ?”
Mama   :  “Pah, dede kecelakaan di tempat balapan, jangan-jangan tadi tuh dede pah”
Papa      :  “Apa ? Ya udah ayo kesana”
*Papa+mama ke atas panggung*
Mama   :  “Dede, dede, bangun nak, ini mama sayang, bangun”
Papa      :  “Kenapa kalian diam saja ? Dimana panitianya ? Sudah telpon ambulance belum ?”
Matius  :  “Sudah om sebentar lagi datang”
Daniel   :  “Mama, papa, maafin dede ya, maafin dede ga denger nasehat papa sama mama, maafin dede
     ya ma, pa, dede takut ma, dede takut mati” (ngomong terbata-bata)
Mama   :  “Iya de gapapa sayang, dede jangan takut ya, papa sama mama ada buat dede, dede pasti
     baik-baik aja ko” (nada sedih)


Mama   :  “Dede bangun de, dede bangun, dede jangan tinggalin mama de” (nangis histeris)
Teman2:  “Daniel bangun, danieelll bangun nil, Lo jangan pergi nil” (nangis+panik)
Papa      :  “Ayoo bantu om angkat Daniel”
Teman2:  “Iya om”
* Daniel diangkat keluar panggung*

Narator:  “Ingatkah kita dengan ayat alkitab Efesus 6:1-3 yang mengatakan “Hai anak-anak, taatilah orang tuamu di dalam Tuhan, karena haruslah demikian. Hormatilah ayahmu dan ibumu--ini adalah suatu perintah yang penting, seperti yang nyata dari janji ini: supaya kamu berbahagia dan panjang umurmu di bumi.” Kita kembali diingatkan bahwa dalam keadaan apapun, situasi seburuk apapun, keluargalah yang ada untuk kita, orang tualah yang selalu mengkhawatirkan kita, orang tualah yang selalu memberikan kasih sayangnya pada kita tanpa batas. Tapi bagaimana sikap kita kepada orang tua kita ? Kita justru melawan nasehatnya, mengacuhkan nasehatnya, bahkan berkali-kali kita tidak menghormati dan menghargai orang tua kita. Inilah akibat yang dialami Daniel dari sikapnya terhadap orang tuanya, ia jatuh kedalam keputusannya sendiri, bahkan akhirnya ia pun tidak bisa merayakan Natal seperti tahun sebelumnya.”

*Di gereja suasana natal, anak-anak berkumpul, kecuali Daniel dan keluarganya*, Maria dan Leo poisisi berdekatan*
Matius  :  “Selamat natal guys”
Juna       :  “Selamat natal bro” (nada gagap)
*datang Daniel dan Keluarga*
Yoel       :  “Bro, lo udah bisa ikut natal ?”
Papa      :  “Sebenernya dokter belum mengijinkan, tapi dia memaksa, katanya dia tidak mau
     melewatkan malam natal di rumah sakit”
Daniel   :  *(kondisi tangan kiri digendong (cedera), mulut setengah diperban, kemudian seolah
     menulis dikertas, dan diserahkan pada kaka)*
Kaka      :  “Karna jahitan di bibirnya belum kering, jadi kalau mau bicara dia lewat tulisan”
Juna       :  “Bro, lo ngejek gue gagap sih, jadinya lo lebih parah dari gue kan, aahh ga bisa ngomong lo ha
     ha” (nada gagap)
Kaka      :  “Daniel bilang, buat semuanya maaf atas semua kesalahannya selama ini, memang
     penyesalan selalu datang terakhir, terutama buat Leo dan Maria, Daniel bilang maaf banget
     buat semua kesalahan Daniel sama kalian”
Leo        :  “Iyah gapapa, gue juga minta maaf ya, sekarang Maria jadi pasangan gue, yaa lo sih
     nyia-nyiain dia hehe”
Juna       :  “Sudah jatuh eeh eeh” (nada gagap)
Teman2:  “Sudah jatuh eh tertimpa tangga”
Juna       :  “Nah itu maksudnya” (nada gagap)
Papa      :  “Ya sudah itu urusan kalian anak muda, yang penting sekarang kita sama-sama ambil
     pelajaran dari kejadian ini, jangan sampai kejadian yang sama terulang lagi, kita sama-sama
     belajar buat jadi lebih baik lagi ya”
Teman2:  “Siap oom”
Papa      :  “Ya sudah, mari masuk gereja, acaranya sudah mau mulai”
*Para pemain hendak meninggalkan panggung*
Juna       :  “Eeh eh tunggu dulu, ada yang lupa” (nada gagap)
Yoel       :  “Kenapa lagi Juna ?”
Juna       :  “Belum ngucapin selamat natal sama penonton” (nada gagap)
Papa      :  “Ohh iya ya, om juga lupa”
Semua  :  “Selamat Natal untuk semua jemaat, Tuhan Yesus memberkati”

 *mohon maaf apabila ada kesamaan nama, tokoh, tempat dan kejadian, semua ini hanyalah fiktif belaka*

34 comments:

  1. Boleh minta d email Ga certa d atas yg asliny ke nurpin.pb@gmail.com .
    Klo ad Sih yg mncrtkan dmn anak muda lebih mementing kn dunia drpada pelayanan tuhan

    ReplyDelete
  2. Boleh minta contact person nya gak? Mau tanya2 ttg naskah drama untuk acara natal.thanks before

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada ka, via email, facebook, atau twitter :)

      Delete
    2. Boleh Kirimkan teks aslinya ke andri7mamora@gmail.com...thanks.

      Delete
  3. Boleh dikirim ke email adhiasajimmy@gmail ga ka ?
    Makasih

    ReplyDelete
  4. Boleh dikirim ke email adhiasajimmy@gmail ga ka ?
    Makasih

    ReplyDelete
  5. Boleh minta naskah aslinya ga kak?
    Kirimin ke email aku dong kak titinlijaro@gmail.com

    ReplyDelete
  6. Monalisah? Boleh tlong di kirim ke email aku? putran105@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Monalisa boleh minta teks drama kirim ke email saya Sammy.pakpahan91@gmail.com

      Delete
  7. sy suka ceritanya . . boleh diminta naskahx Mona. nih email sy, pharryfike@gmail.com
    thankx y

    ReplyDelete
  8. boleh minta naskakh nya kak???
    ini email saya
    rumapeamawarnida@gmail.com

    ReplyDelete
  9. boleh minta naskah nya??
    nih email saya
    pranatadaniel10@.com

    ReplyDelete
  10. Kak kirim naskah ya ya kk ke email saya cindiclodia@gmail.com

    ReplyDelete
  11. Kak kirim naskah ya ya kk ke email saya cindiclodia@gmail.com

    ReplyDelete
  12. Kak kirim naskah ya ya kk ke email saya cindiclodia@gmail.com

    ReplyDelete
  13. Kak kirim naskah ya ya kk ke email saya cindiclodia@gmail.com

    ReplyDelete
  14. Shalom ka2 boleh minta filenya, mau pake buat natal🙏🙏

    ReplyDelete
  15. Hallo kak..
    Boleh minta filenya??mau pake buat natal

    ReplyDelete
  16. Kk boleh minta filenya ini email saya kk.masnitaturnip7@gmail.com
    Terimakasih

    ReplyDelete
  17. Minta tlg bagikan naskah aslinya dong kak
    vynncyus@gmail.com
    tu email aku kak
    🙏

    ReplyDelete
  18. Kk, bagi teks drama natal nya kk, @manikpriska43@ Gmail.com

    ReplyDelete